RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

 

Sekolah

: SMP Negeri 1 Mojosari

Mata Pelajaran

: IPS

Materi

: Kebutuhan Manusia

Kelas/Semester

: VII/ Genap

Alokasi Waktu

: 2 X 40 Menit ( 1 x pertemuan )

Pertemuan

: ke 2

 

Tujuan Pembelajaran :

·         Melalui model Problem Based Learning dan metode Jig saw peserta didik diharapkan mampu mengklassifikasi jenis-jenis kebutuhan manusia dan macam-macam alat pemenuhan kebutuhan dengan tepat, dan mampu mempresentasikan laporan hasil pemecahan masalah tentang kebutuhan manusia dengan lancar

 

Kegiatan Pembelajaran

Kegiatan/Sintaks

Deskripsi Kegiatan

PPK

Waktu

 

 

 

 

Pendahuluan

1.       Mengucapkan salam, mengecek kebersihan kelas, berdoa, dan absensi

2.       Memberi motivasi dengan bertanya terkait kelangkaan sumber daya, misalnya : “Apa yang dimaksud dengan kebutuhan manusia ?”

· Religius

· Peduli lingkungan

 5 “

Kegiatan inti

 

Tahap – 1

Orientasi peserta didik pada masalah.

 

Literasi

4 Cs

HOTS

Creativity Thinking and innovation

a)      Guru menayangkan video dan gambar tentang kebutuhan manusia

b)      Peserta didik membuat pertanyaan terkait tayangan gambar tersebut. “Bagaimana memanfaatkan alat pemenuhan kebutuhan manusia yang terbatas? “

 

 

·       Rasa Ingin tahu

·       Berfikir kreatif

 

 

10 ‘

Tahap – 2

 

Mengorganisasi peserta didik

Collaboration

1.       Bentuk kelompok kelompok kecil  dengan anggota antara 4 – 5 orang per kelompok

2.       Masing-masing anggota kelompok memiliki nomor sesuai urutan dari nomer 1 sampai dengan 4 atau lima

3.       Masing-masing anggota yang bernomer sama berkumpul dalam satu kelompok diskusi.

4.       Materi diskusi : masing-masing kelompok nomor berdiskusi tentang :

Nomor 1 : Macam-macam kebutuhan menurut tingkatan dan subyeknya.

Nomor 2 : macam macam kebutuhan menurut waktu dan sifat

Nomor 3 : Macam-macam alat pemenuhan kebutuhan menurut tujuan dan hubungannya dengan barang lain.

Nomor 4 :macam-macam alat pemenuhan kebutuhan  menurut wujud dan kelangkaannya.

Nomor  5    :macam-macam alat pemenuhan kebutuhan menurut proses terjadinya.

 

 

kerjasama

 

 

5’

Tahap – 3

 

Membimbing penyelidikan

Critical  Thinking and Problem solving

 

Guru mendorong peserta didik  untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, untuk mendapatkan penjelasan dan pemecahan masalah

 

Berfikir kritis

 

 

20’

Tahap – 4

 

Mengembangkan dan menyajikan hasil karya

Collaboration.

 

5.       Masing –masing kembali pada kelompok asal untuk kemudian berbagi informasi yang telah di dapatkan

6.       Guru membantu peserta didik dalam merencanakan , menyiapkan, dan menyajikan laporan yang sesuai

 

 

 

Berfikir kreatif

 

 

 

 

20’

Tahap-5

 

Menganalisis  dan meng evaluasi proses pemecahan masalah

Communication.

a)      Guru meminta peserta didik melakukan peserta didik melakukan presentasi untuk menyajikan hasil laporan yang telah mereka buat kepada teman-temannya

b)      Melakukan refleksi terhadap hasil pemecahan masalah yang telah dilakukan

c)       Membimbing peserta didik membuat kesimpulan kegiatan pembelajaran

 

 

 

 

komunikatif

 

 

 

10’

Penutup

1.       Guru menyuruh Siswa  mengerjakan tugas individu dalam buku paket halaman 138

2.       Menyampaikan Rencana Pembelajaran pada pertemuan berikutnya

3.       Peserta didik mengucapkan salam penutup kepada gurunya

·      Mandiri

·      Kreatif

·      religius

 

 

10’

 

 

PENILAIAN :

a)      Penilaian sikap :

·         Observasi /jurnal

b)      Penilaian Pengetahuan

·         Tes tulis

·         Penugasan

c)       Penilaian Ketrampilan:

·         Unjuk kerja

·         Kegiatan diskusi dan presentasi

 

Komentar

Postingan populer dari blog ini

ISLAM TAK MENGENAL BATASAN

tanya jawab thema PASAR