RENCANA
PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
Sekolah |
: SMP Negeri 1 Mojosari |
Mata Pelajaran |
: IPS |
Materi |
: Kebutuhan Manusia |
Kelas/Semester |
: VII/ Genap |
Alokasi Waktu |
: 2 X 40 Menit ( 1 x pertemuan
) |
Pertemuan |
: ke 2 |
Tujuan Pembelajaran :
·
Melalui
model Problem Based Learning dan metode Jig saw peserta didik diharapkan mampu
mengklassifikasi jenis-jenis kebutuhan manusia dan macam-macam alat pemenuhan
kebutuhan dengan tepat, dan mampu mempresentasikan laporan hasil pemecahan
masalah tentang kebutuhan manusia dengan lancar
Kegiatan Pembelajaran
Kegiatan/Sintaks |
Deskripsi
Kegiatan |
PPK |
Waktu |
|
|
|
|
Pendahuluan |
1.
Mengucapkan
salam, mengecek kebersihan kelas, berdoa, dan absensi 2.
Memberi
motivasi dengan bertanya terkait kelangkaan sumber daya, misalnya : “Apa yang
dimaksud dengan kebutuhan manusia ?” |
· Religius · Peduli lingkungan |
5 “ |
Kegiatan inti Tahap – 1 Orientasi peserta didik pada masalah. Literasi 4 Cs HOTS |
Creativity Thinking and innovation a)
Guru
menayangkan video dan gambar tentang kebutuhan manusia b)
Peserta
didik membuat pertanyaan terkait tayangan gambar tersebut. “Bagaimana
memanfaatkan alat pemenuhan kebutuhan manusia yang terbatas? “ |
· Rasa Ingin tahu · Berfikir kreatif |
10 ‘ |
Tahap – 2 Mengorganisasi peserta didik |
Collaboration 1.
Bentuk
kelompok kelompok kecil dengan anggota
antara 4 – 5 orang per kelompok 2.
Masing-masing
anggota kelompok memiliki nomor sesuai urutan dari nomer 1 sampai dengan 4
atau lima 3.
Masing-masing
anggota yang bernomer sama berkumpul dalam satu kelompok diskusi. 4.
Materi
diskusi : masing-masing kelompok nomor berdiskusi tentang : Nomor 1 : Macam-macam kebutuhan menurut
tingkatan dan subyeknya. Nomor 2 : macam macam kebutuhan menurut waktu
dan sifat Nomor 3 : Macam-macam alat pemenuhan
kebutuhan menurut tujuan dan hubungannya dengan barang lain. Nomor 4 :macam-macam alat pemenuhan
kebutuhan menurut wujud dan
kelangkaannya. Nomor
5 :macam-macam alat pemenuhan
kebutuhan menurut proses terjadinya. |
kerjasama |
5’ |
Tahap – 3 Membimbing penyelidikan |
Critical Thinking and Problem
solving Guru mendorong peserta didik
untuk mengumpulkan informasi yang sesuai, untuk mendapatkan penjelasan
dan pemecahan masalah |
Berfikir kritis |
20’ |
Tahap – 4 Mengembangkan dan menyajikan hasil karya |
Collaboration. 5.
Masing
–masing kembali pada kelompok asal untuk kemudian berbagi informasi yang
telah di dapatkan 6.
Guru
membantu peserta didik dalam merencanakan , menyiapkan, dan menyajikan
laporan yang sesuai |
Berfikir kreatif |
20’ |
Tahap-5 Menganalisis dan meng evaluasi
proses pemecahan masalah |
Communication. a)
Guru
meminta peserta didik melakukan peserta didik melakukan presentasi untuk
menyajikan hasil laporan yang telah mereka buat kepada teman-temannya b)
Melakukan
refleksi terhadap hasil pemecahan masalah yang telah dilakukan c)
Membimbing
peserta didik membuat kesimpulan kegiatan pembelajaran |
komunikatif |
10’ |
Penutup |
1.
Guru
menyuruh Siswa mengerjakan tugas
individu dalam buku paket halaman 138 2.
Menyampaikan
Rencana Pembelajaran pada pertemuan berikutnya 3.
Peserta
didik mengucapkan salam penutup kepada gurunya |
· Mandiri · Kreatif · religius |
10’ |
PENILAIAN :
a) Penilaian sikap :
·
Observasi
/jurnal
b) Penilaian Pengetahuan
·
Tes tulis
·
Penugasan
c) Penilaian Ketrampilan:
·
Unjuk
kerja
·
Kegiatan
diskusi dan presentasi
Komentar
Posting Komentar